Sabtu, 24 November 2018

TUGAS SOAL RBJ

Hasil gambar untuk gambar routing

1.Apakah yang dimaksud dengan routing
         Routing adalah proses dimana suatu item dapat sampai ke tujuan dari satu lokasi ke lokasi lain. Beberapa contoh item yang dapat di-routing : mail, telepon call, dan data. Di dalam jaringan, Router adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan routing trafik.

2. berdasarkan pengiriman data routing dibagi menjadi 2 sebutkan dan jelaskan !!
A. Jenis Routing
    a. Routing Static
    b. Routing Dinamic

1.     Routing Static

    Routing Static adalah salah satu cara untuk membuat table routing secara manual. Routing static bersifat statik, tidak berubah-rubah dan diset oleh user/pengguna.

2. Routing Dynamic

      Routing Dynamic adalah routing yang memanfaatkan suatu algoritma sehingga perangkat router dapat menentukan jalur routingnya secara otomatis, dengan cara menjelajah jaringan tersebut dan bertukar informari routing antar router.

3. apakah yang dimaksud router memiliki kemampuan routing ?
      Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router-router yang saling terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang dilalui paket IP dari system ke system lain.

4. bagaimana cara kerja routing RIP ?
       Routing Information Protocol (RIP) adalah sebuah protokol routing yang digunakan dalam lokal dan wide area network. Karena itu RIP diklasifikasikan sebagai interior gateway protocol (IGP). RIP menggunakan routing vektor jarak-algoritma.

5. Apa yang dimaksud dengan Default Routing ?
       Proses pengambilan sebuah paket dari sebuah alat dan mengirimkan melalui network ke alat lain disebuah network yang berbeda.

6. Apakah yang dimaksud dengan routing statis ?
       Routing Static adalah salah satu cara untuk membuat table routing secara manual. Routing static bersifat statik, tidak berubah-rubah dan diset oleh user/pengguna.

7. Bagaimana cara kerja routing statis ?
Cara kerja static routing dapat dibagi menjadi 3 bagian:
1.      Administrator jaringan yang mengkonfigurasi router.
2.      Router melakukan routing berdasarkan informasi dalam tabel routing.
3.      Routing static digunakan untuk melewatkan paket data.

8. Bagaimana aturan aturan dalam routing statis ?
      Destination, adalah alat tujuan dan network mask dan biasanya diisi dengan 0.0.0.0/0 untuk semua jaringan

Gateway adalah datagram yang dapat dicapai melalui antarmuka

Pref. Source adalah alamat tujuan paket dan meninggalkan roter melalui alamat IP

Distance (0-255) adalah jarak administrator jaringan dari router

9. Sebutkan perintah dasar routing statis ?
A. Show running-config

sh ru

Menampilkan konfigurasi yang sedang berjalan di RAM. Termasuk host name, passwords, interface IP addresses, routing protocol yang aktif, DHCP dan konfigurasi NAT. Dapat dijalankan di EXEC mode.

B. show startup-config

sh st

Menampilkan konfigurasi yang sedang berjalan di NVRAM. Termasuk host name, passwords, interface IP addresses, routing protocol yang aktif, DHCP dan konfigurasi NAT.

C. show version

sh ver

Menampilkan informasi tentang versi software yang sekarang sedang jalan lengkap dengan informasi hardware dan devicenya.

D. show ip protocols

sh ip pro

Menampilkan status interface IP baik secara global maupun khusus dari protokol yang terkonfigurasi pada saat ini (konfigurasi IP awal).

E. show ip route

sh ip ro

Menampilkan Konfigurasi IP yang dilakukan baik secara global maupun secara khusus dari router. Baik berupa configurasi IP pada FastEthernet0/0 maupun pada IP Serial2/0

F. show interfaces

sh int

Untuk menampilkan statistic semua interface router mulai dari FastEthernet dan Serial. Untuk menampilkan statistic interface tertentu, menggunakan perintah show interfaces diikuti dengan nomor port/slot interface,

10. Sebutkan prosedur melakukan routing packet ?
       Beberapa prosedur yang digunakan untuk melakukan routing paket adalah sebagai berikut

A. Routing langsung, maksud dari routing langsung adalah prosedur yang dilakukan langsung menuju ke alamat komputer yang dituju. Misal komputer kita memiliki IP 172.16.253.199 langsung mengirimkan ke alamat IP tujuan pada alamat 172.16.253.20

B. Routing tidak langsung, pengertian dari routing tidak langsung berlawanan dengan routing langsung. Pada metode ini data yang dikirimkan akan melalui komputer lain terlebih dahulu. Misal kita masih menggunakan contoh pada point ke satu, maka data akan dilewatkan pada IP 172.16.253.201 dahulu sebelum dikirimkan ke IP 172.16.253.200

0 komentar:

Posting Komentar